*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Kamis, 27 Agustus 2015

TAMAN-TAMAN DI JAKARTA (8)

TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL JAKARTA

Ancol Jakarta atau yang memiliki nama panjang Taman Impian Jaya Ancol Jakarta telah menjadi target kunjungan wisata di kala musim liburan tiba, terutama buat yang berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 
Taman yang yang letaknya tepat di bibir pantai di kawasan Jakarta Utara yang berhadapan dengan Laut Jawa ini sejak tahun berdirinya 1966 sampai sekarang terus berbenah dan mengembangkan wahana permainan baru yang menyuguhkan petualangan menarik dan menghibur namun masih tetap memiliki unsur pendidikan dan pengetahuan. Dalam areal seluas 552 Ha itu terdapat berbagai wahana hiburan, diantaranya adalah:

1. Pantai dan Taman
Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 Km, dengan promenade sepanjang 4 Km.

2. Dunia Fantasi (Dufan Ancol)
Dufan adalah taman wisata tematik pertama yang dibangun di tempat ini dan dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi.  

3. Atlantis Water Adventure (AWA)
AWA atau Atlantis Ancol adalah taman wisata tematik kedua yang dikembangkan Ancol dan berdiri di atas lahan seluas 5 Ha, bertemakan air. Taman ini menawarkan berbagai macam wisata air dengan 8 kolam utamanya.

4. Ocean Dream Samudera 
Ocean Dream Samudera yang biasa disebut sebagai Gelanggang Samudra Ancol merupakan taman wisata tematik ketiga di Ancol yang mengambil tema alam laut. Di tempat ini kita bisa terhibur dengan atraksi satwa lautnya yang memukau, dan teater sinema 4 D (4 Dimensi) nya yang bisa menipu kita dengan film yang diputar, seolah kita dapat menyentuh dan terlibat dalam suasana adegan di film itu. sekaligus juga mendapatkan pengetahuan tentang potensi kelautan Indonesia yang sangat kaya.

5. Ocean Ecopark
Wahana ini mulanya adalah sebuah padang olahraga golf yang kemudian disulap menjadi taman wisata yang bertemakan pendidikan botani dan juga petualangan. Di taman ini kita bisa menikmati aneka permainan ketangkasan khas outbond, paint ball, menyusuri danau, pasar dan berbagai sarana pengetahuan mengenai tanaman dan pertanian.

6. Sea World
Sea World adalah underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan area seluas 2 Ha.

7. Putri Duyung Cottages
Penginapan tepi pantai bergaya unik berbentuk cottages dengan 133 kamar ini memiliki berbagai fasilitas khusus, seperti : ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Putri Duyung juga menawarkan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis, serta lapanan voli pantai.

8. Marina
Dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht) bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia, dirancang untuk tempat berlabuh kapal pesiar berbagai ukuran. Marina juga berfungsi sebagai pusat olahraga laut, ski air, wind surfing, diving, sailing, serta pelabuhan kapal pesiar untuk menuju Kepulauan Seribu. Marina dilengkapi dengan fasilitias dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.

9. Pasar Seni
Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. Pasar seni merupakan wujud nyata kepedulian Ancol atas kelangsungan hidup para seniman berbakat. Pasar Seni juga dilengkapi dengan Galeri Pameran (North Art Space / NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung Pertunjukkan Seni.

10. Pulau Bidadari
Sebuah pulau untuk kalangan menengah di Kepulauan Seribu yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages yang terdiri dari 23 unit tipe deluxe, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, dan 3 unit tipe suite serta memiliki sarana olahraga, 2 aula serba guna, restoran, bar dan toko cinderamata. Sebuah atraksi unik, yakni wahana berenang bersama dengan lumba-lumba, bisa dinikmati di Pulau Bidadari.

11. Ritel
Lebih dari 30 kios penjualan souvenir, makanan dan minuman.

12. Hailai Executive Club
Hailai merupakan klub eksekutif bertaraf internasional yang dilengkapi dengan restoran yang menyediakan 3.000 kursi, sarana olahraga, dan hiburan.

13. Kereta Gantung ( Gondola )
Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya di kawasan Ancol yang terbentang sepanjang kurang lebih 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parkir AWA. Gondola Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang per gondola dan tiga stasiun pemberhentian. Dengan ketinggian 21 meter di atas permukaan laut, perjalanan dengan Gondola memakan waktu 20 menit.

14. Bowling
Fasilitas olahraga bowling bertaraf internasional dengan 60 lintasan bowling.

15. Wisata Kuliner
Fasilitas resto dan kafe.

Untuk bisa menikmati berbagai hiburan di Taman Impian Jaya Ancol, kita harus merogoh kocek di loket pintu pertama. Dan untuk masuk ke wahan-wahana hiburannya  kita harus melewati pintu tiket sendiri-sendiri dan harus bayar tiketnya disana tentunya. Karenanya bagi pengunjung yang akan ke Taman ini harus betul-betul cerdas kalkulator dananya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar