*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Jumat, 04 September 2015

TAMAN-TAMAN DI JAKARTA (9)

TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

Patung Selamat Datang di depan Gapura Pintu Utama
Patung gajah di pelataran depan memasuki kawasan Taman.

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan atau disebut juga Ragunan Zoo adalah salah satu tempat wisata di Jakarta bagian Selatan yang sangat terkenal di kalangan pelancong dari dalam kota Jakarta sendiri ataupun kota-kota disekitarnya, diresmikan pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI saat itu, Ali Sadikin ditempat yang sekarang (semula berada di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, didirikan 1864 menempati areal seluas 10 Ha dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang”).
Sebagai salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan juga menawarkan wisata alam dan satwa lengkap dengan segala fasilitasnya. Disini pengunjung akan puas melihat berbagai macam koleksi binatang yang lebih dari 2.000 ekor baik yang sering kita lihat maupun yang sudah langka. Karena selain sebagai taman wisata kebun ini berfungsi juga sebagai taman konservasi bagi berbagai satwa langka yang hampir punah. Selain aneka macam satwa, di tempat ini juga menjadi hunian bagi ribuan jenis tanaman dengan berbagai ukuran, yang menjadikan tempat ini selalu terkesan sejuk dan adem walaupun pada siang hari dibawah sengatan terik matahari.
Taman yang berlokasi di Jl. Harsono RM. No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini menyediakan juga aneka hiburan rekreasi yang berbayar lainnya seperti wisata menunggang gajah, menunggang unta, menunggang kuda, menyewa bendi, mengendarai sepeda angsa di kolam buatan, menyewa sepeda untuk berkeliling dan juga berbagai jenis permainan khusus bagi anak-anak yang cukup menarik.
Harga tiket masuk: Anak-anak Rp3.000, dewasa Rp4.000,-
Dalam taman seluas 147 hektar itu ada satu lokasi khusus tempat konservasi Orang Utan, namanya Pusat Primata Schmutzer. Untuk masuk dan melihat kehidupan orang utan disana kita harus merogoh kocek lagi Rp6.000 pada hari Selasa-Jum’at dan Rp7.500 pada hari Sabtu-Minggu.
Taman Margasatwa Ragunan buka 6 hari perminggu, Selasa – Minggu jam 09.00 – 16.00, Senin tutup.

Untuk mencapai lokasi Taman ini banyak tersedia angkutan umum, diantaranya:
  • Transjakarta: Koridor 6
  • Kopaja: S13 AC (via Koridor 8, Koridor 1, Koridor 9) ke Grogol
  • Kopaja: S602 AC (via Koridor 6, Koridor 9, Koridor 1) keMonas
  • Kopaja: P19 AC (via Koridor 1) ke Tanah Abang
  • Kopaja: S68 ke Kampung Melayu (via Pasar Minggu)
  • Kopaja: S605A ke Blok M
  • Kopaja: S612 ke Kampung Melayu (via Mampang)
  • Metromini: S77 ke Blok M
  • Mikrolet: M42 ke Mampang
  • KWK: S15A ke TMII
  • KWK: S19 ke Kebayoran Lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar