*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Jumat, 07 Agustus 2015

TAMAN-TAMAN DI JAKARTA (5)

21. TAMAN CEMPAKA, Jakarta Timur

Ruang Terbuka Hijau Cempaka, yang terletak di Jl. Setu Cipayung (Jl. Rawa Lindung), Jakarta Timur ini dibebaskan pada tahun 2009 dan 2010 dengan luas 64.334 m2. Dibangun secara bertahap pada tahun 2011 dan 2012.
Dengan tidak banyak mengubah kontur eksisting, taman ini kemudian dinamakan Taman Cempaka. Selain dapat dimanfaatkan untuk olahraga, taman ini juga dapat menjadi tempat berkumpul bersama keluarga. Fasilitas seperti pergola dan plaza dapat dimanfanfaatkan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Terdapat pula footpath dan jogging track sebagai sarana olahraga yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Terdapat 1.224 pohon pelindung dengan jenis vegetasinya adalah Cempaka Kencana, Palm Sadeng, Menteng, Durian, Sawo duren, Mangga, Buni, Blimbing, Rambutan, Bungur, Ketapang, liang liu, Spathodea, Kupu-kupu, Trembesi, Jati babon. Dengan adanya taman ini diharapkan dapat menjadi area ruang terbuka hijau yang akan sangat bermanfaat sebagai daerah resapan air.


22. TAMAN KOTA RIA RIO, Jakarta Timur

Taman Kota Ria Rio adalah sebuah kawasan yang terletak di bibir Selatan waduk Ria Rio, di wilayah Pulomas Jakarta Timur. Dulunya adalah kawasan yang kumuh, dipenuhi sampah, dan jadi sarang penyamun, berkat kepiawaian Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tempat ini kini telah menjadi kawasan yang asri, disamping berfungsi untuk penanggulangan banjir yang memang kerap terjadi di wilayah Pulomas.
Fasilitas yang disuguhkan: panggung terbuka (amphitheater), tempat jalan-jalan santai keluarga, dan bangku-bangku taman yang disediakan untuk bersantai-santai ria, sambil sesekali berfoto di sekitar taman dan di pinggiran danau yang dihiasi oleh bangau-bangau putih yang sedang mencari makan disitu. Satu terobosan lain yang disuguhkan Pemprof DKI Jakarta adalah Wifi gratis dengan kata sandi ”pulomasjaya” untuk memanjakan pengunjung.
Taman Waduk Kota Ria Rio untuk saat ini masih dalam tahap penyelesaian, disana-sini masih terlihat para pekerja yang dengan tekun bergelut dengan jobnya masing-masing. Namun keberadaannya sudah mulai menarik perhatian pengunjung dan menghadirkan decak kagum.


23. TAMAN HUTAN KOTA SRENGSENG,  Jakarta Barat

Hutan Kota Srengseng terletak di Jl. Haji Kelik, Kelurahan Srengseng Jakarta Barat, merupakan hutan konservasi, daerah resapan air, pengawetan plasma nufta, tempat wisata dan aktifitas masyarakat. Taman ini dulunya adalah sebuah tempat pembuangan akhir sampah dengan luas 15 Ha, dan dialihfungsikan sejak tahun 1995.
Dari luar, penampakannya tidak seperti hutan. Lebih mirip kantor instansi atau sekolahan, lengkap dengan gapura dan tugu berbentuk dinding yang menyembul dari rimbunnya pepohonan. Fasilitas yang tersedia, jogging track, panggung terbuka, tempat panjat dinding, arena bermain anak-anak dan danau yang bisa dipakai untuk yang punya hobi memancing.
Dalam kawasan ini tumbuh 65 spesies pohon besar dari berbagai jenis dan tipe. Pohon-pohon di kawasan ini terdiri dari pohon buah dan bunga yang bisa mendatangkan serangga. Sehingga mengundang kawanan burung untuk tinggal dan menetap.
Disamping pepohonan, Hutan Kota Srengseng juga menjadi habitat berbagai satwa liar. Diantaranya jenis burung, tikus dan reptil seperti ular, biawak dan kadal. Burung yang kera ditemukan di kawasan ini adalah burung raja udang (Halyon Chloris) dan burung emprit (Longchura sp.)
Harga tiket sangat terjangkau, untuk pejalan kaki Rp. 1000, bila membawa sepeda motor tambah biaya parkir Rp. 1000, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp. 2000.


24. TAMAN TANJUNG, Jakarta Selatan

Letaknya di pinggir flyover TB.Simatupang dan Jalan Tol Pondok Pinang-TMII, tidak jauh dari kompleks TNI Angkatan Laut Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman ini dibuka untuk umum pada tahun 2010. Kebanyakan pengunjung yang datang kesini adalah warga yang ingin berolahraga atau sekedar bersantai melepas lelah.
Taman ini dilengkapi dengan area jogging track lebih dari 1 kilometer, area futsal yang sering juga digunakan untuk bermain bulutangkis, bangku taman, 3 pergola, 1 gazebo, pos jaga 24 jam, kamar mandi. Bagi mereka yang ingin datang membawa keluarga, di taman ini juga tersedia area bermain anak.
Pengunjung dapat menikmati taman yang dihiasi pohon buah-buahan yang banyak tumbuh di taman ini, diantaranya buah kecapi, mangga, jambu bol, rambutan, asam jawa dan beberapa tanaman langka seperti pohon kelor. Selain itu juga ada tanaman hias yang menghiasi taman ini.


25. TAMAN PURING, Jakarta Selatan

Taman kota seluas kurang lebih 5400 m2 ini lokasi tepatnya di Jalan Kyai Maja Taman Puring, Kelurahan Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Merupakan tempat yang cukup asri sebagai jalur hijau berupa pulau jalan, walaupun di sebagian tempatnya berkutat dengan keberadaan kios-kios Pasar Loak yang memang mengantongi ijin dari Pemprof DKI. Pedagang hanya boleh berjualan di setiap hari Sabtu dan Minggu, sehingga disebut Pasar Tunggu (Sabtu-Minggu).
Fasilitas yang tersedia diantaranya jogging track, bangku taman, toliet dan tempat bermain untuk anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar