*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Rabu, 05 Agustus 2015

TAMAN-TAMAN DI JAKARTA (4)

16. TAMAN MAKAM PAHLAWAN NASIONAL KALIBATA, Jakarta Selatan
Eiits, jangan dulu membayangkan hal-hal seram kalau mendengar nama taman ini. Memang merupakan bagian dari Taman Makam Kalibata di wilayah Jakarta Selatan yang dialihfungsikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Luas areal keseluruhan Taman Makam Kalibata kurang lebih 100 Ha, disini ada tempat pengembangbiakan rusa yang tidak bleh dimasuki oleh sembarangan orang. Ada juga jogging track yang mengelilingi danau buatan dan  bangku-bangku taman. Jadi, gak seseram yang Anda bayangkan kan.


17. TAMAN MARTHA TIAHAHU, Jakarta Selatan
 
Taman seluas 20.960 m2 ini terletak di depan Blok M Plaza, masih dalam kompleks perbelanjaan dan terminal bus Blok M.  Dilengkapi dengan air mancur dan kolam besar, sebuah tugu, dan beberapa permainan anak. Ada juga beberapa patung berbentuk binatang seperti jerapah dan gajah, serta sarana jogging track. Jika anda berminat mengunjungi taman ini, maka saat melintas daerah Blok M, anda harus lebih waspada untuk memperhatikan sekitar karena keberadaan taman ini seringkali terlewat dari perhatian.


18. TAMAN TABEBUYA, Jakarta Selatan
Taman Tabebuya merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Jl. Moh. Kahfi Jakarta Selatan. Taman ini juga biasa disebut dengan Taman Moch. Kahfi 1 atau Taman Turunan Herman Susilo atau Taman Angsa Ciganjur. Taman yang memiliki luas 9.626 m2 ini awalnya merupakan kawasan sawah dan rawa, kemudian menjadi lahan memancing warga setempat, dan sejak tahun 2007 lahan ini dibebaskan secara bertahap oleh Pemprop DKI untuk dijadikan taman lahan terbuka, dan baru pada tahun 2012 dibuka untuk umum.
Selain kolam berisi aneka ragam ikan seperti ikan mujair, mas, patin, lele dan ikan gabus, juga terdapat fasilitas plaza, footpath, taman bermain, bangku besi taman dan kontur tanah taman yang bergelombang dengan area yang cukup luas. Taman Tabebuia ditumbuhi 143 pohon yang menghiasi taman dengan jenis tabebuia, spathodea campanulata, trembesi, liang liu, kayya dan tanjung.
Taman ini diperuntukkan bagi pengunjung untuk berolahraga dan berekreasi santai bersama keluarga, tidak jarang pula taman ini digunakan sebagai lokasi syuting film atau iklan.


19. TAMAN LEUSER, Jakarta Timur
Taman Leuser merupakan taman terbuka hijau yang terletak di Jalan Lauser, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tepatnya bersebelahan dengan RS Pertamina. Taman ini memiliki lahan seluas 8.500 m2 yang ditumbuhi oleh pohon pelindung sebanyak 247 pohon dengan jenis Flamboyan; Glodogan, Khaya; Angsana; Nangka; Mahoni, Spathodea, dan Mangga. Selain ditumbuhi pohon pelindung, sebagian lahan taman seluas 103,62 m2 ditumbuhi juga dengan tanaman hias.
Taman Leuser dilengkapi dengan fasilitas footpath yang dapat digunakan oleh warga sekitar untuk merasakan suasana teduh diantara hiruk pikuk. Taman ini dalam perkembangannya digunakan sebagai tempat penyimpanan beberapa aset Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta.


20. TAMAN MAHONI, Jakarta Timur
Ruang Terbuka Hijau Mahoni terletak di Jl. Raya PKP Jakarta Timur ini dibebaskan pada tahun 2011 dengan luas sekitar 1 Hektar. Taman yang dibangun di tengah-tengah pemukiman padat penduduk ini, dibangun pada tahun 2012 dengan konsep taman interaktif dilengkapi dengan sarana interaksi antara lain Children Play Ground dan Event Area.
Fasilitas yang tersedia mulai dari sarana bermain anak, jogging track, lapangan futsal, bangku taman, dan toilet. Rumput yang hijau terhampar luas dengan 109 pohon pelindung menjadikan tempat ini teduh dan nyaman. Jenis-jenis tanaman yang terdapat di taman ini antara lain Jinjing (Albasia), Trembesi (Samanea saman), Flamboyan (Delonix Regia), Kupu-kupu (Bauhinia sp), Glodogan Tiang (Sarraca sp).
Dengan letaknya yang strategis di sekitar pemukiman penduduk dan sarana yang cukup lengkap, taman ini menjadi sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Peran serta warga yang aktif turut mendorong terjaganya kondisi taman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar