*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Kamis, 30 Juli 2015

TAMAN-TAMAN DI JAKARTA (3)

11. TAMAN AYODIA, Jakarta Selatan
Taman yang satu ini hampir mirip dengan Taman Situ Lembang, letaknya di kawasan Barito Blok M, Jakarta Selatan. Diresmikan oleh Gubernur Prov. DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada 15 Maret 2009. Sebelum menjadi taman, tempat ini tadinya dikenal sebagai pusat penjualan bunga dan ikan hias. Sejak tahun 2009, tempat ini disulap menjadi taman kota.
Letaknya yang berada di tengah kota membuat taman ini menjadi sangat ramai dikunjungi oleh penduduk Jakarta, terutama di sore hari. Pengunjungnya dari mulai anak kecil sampai orang tua.  Pasangan muda-mudi pun tak ketinggalan untuk memanfaatkan keberadaan taman ini untuk bermalam mingguan, karena taman ini terasa semakin romantis bila malam tiba. Dimana lagi bisa menikmati tempat wisata gratis di tengah ibukota Jakarta ini?  Ditambah pula dan yang paling penting lagi, kita tidak perlu khawatir kesulitan mencari makanan karena di lingkaran luar taman banyak pedagang makanan yang menjajakan beraneka macam makanan mulai dari camilan hingga makanan berat, kuliner enak seperti gulai tikungan atau gultik juga ada di sini.
Untuk kamu yang ingin bersantai sambil memandang air mancur, di taman seluas 7.000 meter persegi ini tersedia bangku-bangku yang bisa dipilih, juga tidak berbayar ko.


12. TAMAN CATTLEYA, Jakarta Barat
Taman ini letaknya tidak jauh dari Mall Taman Anggrek, Grogol Jakarta Barat, persis di sebelah kiri jalan tol arah Kebon Jeruk. Bagi anda setiap kali menuju bandara Soekarno Hatta pasti melewati taman ini dari flyovernya.
Untuk ukuran taman kota, Taman Cattleya termasuk cukup besar, lengkap dengan beberapa danau buatan di dalamnya. Pohon-pohonnya cukup rindang dengan jalan-jalan setapaknya yang bersih cocok untuk dijadikan track lari sore atau jalan santai. Untuk masuk ke dalam taman ini tidak dipungut biaya alias gratis, tapi bila anda membawa motor atau mobil, di pintu masuk ada “pungutan” parkirnya. Untuk sepeda tidak bayar, malah boleh dibawa masuk untuk berkeliling di dalam taman.
Di tengah taman ada kolam, meskipun bila dilihat dari warna airnya yang kurang bersahabat, tapi untuk para penggemar mancing cukup bersahabat aja, buktinya, hampir setiap harinya ada aja orang yang nongkrongin kolam itu dengan pandangan mata ‘waspada’ mengawasi mata pancingnya yang terbenam kedalam air kolam.
Fasilitas taman seperti tempat sampah, bangku taman, dan lampu taman sudah banyak tersedia disini, hanya saja bagi anda yang berencana piknik di taman ini, makanan dan minum harus bawa sendiri dari rumah, karena jarang ada penjaja makanan dan minuman yang berjualan disekitar taman.


13. TAMAN SPATHODEA
Taman ini dibangun tahun 2011 dan diperluas di akhir tahun 2013. Taman ini berada di dekat pemukiman padat, berlokasi di Jl. Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kawasan ini mulai terkenal karena terdapat kediaman Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 RI. 
Nama spathodea berasal dari nama pohon spathodea campanulata yang banyak ditanam di taman ini. Spathodea atau Kembang Kerucutan adalah pohon dengan daun rimbun dan bunganya berukuran softball
merupakan pohon asli dari Afrika. Di tengah maraknya pembangunan town-house yang kurang terkendali di sekitar wilayah taman ini, dengan adanya penanaman pohon spathodea di taman ini diharapkan akan menjadi daerah resapan air dan menjaga keseimbangan kontur tanah di daerah ini yang memang tidak rata.
Taman seluas satu hektar ini dilengkapi fasilitas trek joging yang cukup panjang, tempat parkir yang cukup luas, area bermain untuk anak-anak, dan sebuah danau kecil yang dihuni oleh banyak ikan dari jenis nila, lele, bawal, dan ikan mas. Ikan-ikan ini tidak boleh dipancing, pengunjung hanya boleh menonton dan memberi makan ikan-ikan itu dari atas jembatan.
Taman ini pada umumnya cukup bersih meskipun tak pernah sepi dari pengunjung, mungkin karena petugasnya banyak dan cukup tanggap, atau karena tempat sampahnya banyak tersebar atau karena pengunjungnya sudah sadar akan kebersihan lingkungan. Taman inipun steril terhadap para pedagang, sehingga mereka hanya boleh berdagang di luar taman atau di bahu jalan.


14. TAMAN KAHFI
Taman Kahfi terletak di Jl. Moh. Kahfi I tidak jauh dari pertigaan Jl. Jagakarsa Raya, biasanya orang-orang menyebut Herman Soesilo.
Taman ini sangat terpelihara dengan baik, karena taman ini terletak jauh dari pemukiman padat dan tertutup dengan pagar tinggi yang hanya dibuka sekitar pukul 06.00 -18.00, atau tergantung dari petugas jaganya. Di halamannya terdapat lahan yang cukup untuk parkir motor maupun mobil.
Pemandangan taman cukup indah dan bersih bisa untuk bertafakur alam di tengah kepadatan kota. Begitu masuk pintu gerbang kita disuguhi dengan kolam yang dihuni oleh angsa putih yang indah. Trek atau jalan untuk joging dengan panjang lintasan sekitar 200 m.
Selain untuk berolahraga pagi terutama pada hari Mingu, taman ini dapat juga digunakan untuk kumpul keluarga atau teman dengan membawa bekal makanan. Sebaiknya kalau mau ngumpul di taman ini, konfirmasi terlebih dahulu ke petugas jaganya, sehingga begitu menggelar tikar petugas jaga tidak akan menegur. Ada baiknya juga kita menyisihkan sedikit uang buat kebersihan ke petugas tersebut. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya, demi menjaga kebersihan dan keindahan taman.


15. TAMAN DADAP MERAH
Taman ini terletak di lingkungan perumahan mewah dan mungkin bisa disebut vila mewah yang letaknya di Jl. Kebagusan Dalam.
Keunikan taman ini adalah adanya sungai kecil di tengah taman. Ada jembatan kayu kecil yang terkesan suasana pedesaan dengan aliran sungai cukup deras yang berujung di sebuah telaga kecil tempat menampung sementara air sungai tersebut. Dengan didukung suasana yang cukup rindang dan jauh dari keramaian kendaraan, taman ini cukup tenang, damai, sejuk, dan indah pemandangannya. Hanya saja pengunjung harus berhati-hati jika membawa anak karena jembatan kayu yang melintasi sungai tidak cukup aman dengan pagar pengaman yang rendah, sementara aliran sungai super deras. Anda harus benar-benar extra hati-hati.
Ada trek joging dengan panjang sekitar 500 meter yang disediakan untuk pengunjung jika ingin berolahraga pagi. Selain itu juga ada taman untuk anak-anak bermain. Kebersihan pun cukup baik dengan penempatan banyak tempat sampah yang menyebar. Tempat parkir yang cukup luas juga disediakan baik untuk motor maupun mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar