*** BEST SOUND SYSTEM JAKARTA, Jl. Asembaris Raya F. Barat no.40A Kebonbaru Tebet, Jakarta Selatan (12830) Telp: 62.021.83705116 ***

Sabtu, 07 Februari 2015

MONUMEN DAN PATUNG DI JAKARTA (3)

11. MONUMEN PERINGATAN PROKLAMASI & MONUMEN PROKLAMATOR
 Monumen Peringatan 1 Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI
 Monumen Proklamator
Tulisan pada Tugu Petir
Tugu Petir
Taman Proklamasi terletak di Jl. Proklamasi (dahulunya disebut Jl. Pegangsaan Timur no.56), Jakarta Pusat. Didalamnya terdapat dua patung Soekarno-Hatta yang berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Ditengah-tengah dua patung Proklamator itu terdapat patung naskah proklamasi terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya. Selain itu terdapat juga Tugu Petir, tugu peringatan satu tahun proklamasi kemerdekaan RI. Tugu ini memiliki bentuk obelisk seperti Monas tapi berukuran mini.
Setelah era reformasi, selain menjadi tempat yang spesial untuk acara peringatan Hari Kemerdekaan RI tiap tahunnya, lokasi ini pun menjadi tempat pilihan bagi berkumpulnya para demonstran untuk menyuarakan pendapat-pendapatnya.
Lain halnya ketika sore menjelang. Pada hari-hari yang biasa, para penduduk yang tinggal tak jauh dari lingkungan taman ini kerap berkunjung ke Tugu Proklamasi untuk berbagai aktivitas. Tempat ini menjadi tempat favorit anak-anak bermain, arena berolahraga, tempat berkumpul dan bertemu, atau hanya untuk duduk-duduk saja menghabiskan sore hingga senja datang.


12. MONUMEN PAHLAWAN REVOLUSI
Dibangun atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Dibangun diatas tanah seluas 14,6 hektar dalam Kompleks Museum Lubang Buaya, Jakarta Timur. Monumen ini dibangun dengan tujuan memperingati perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.
Keenam pahlawan revolusi tersebut adalah:

  • Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani 
  • Mayjen TNI R. Suprapto 
  • Mayjen TNI M.T. Haryono 
  • Mayjen TNI Siswondo Parman 
  • Brigjen TNI DI Panjaitan 
  • Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo

Jenderal TNI A.H. Nasution juga disebut sebagai salah seorang target namun dia selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan AH Nasution, Lettu Pierre Tendean tewas dalam usaha pembunuhan tersebut.

13. MONUMEN LUBANG BUAYA
Adalah sebuah tempat di kawasan Pondok Gede Jakarta Timur yang menjadi tempat pembuangan para korban Gerakan 30 September pada 30 September 1965. Secara spesifik, sumur Lubang Buaya terletak di Kelurahan Lubang Buaya di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
Lubang Buaya pada terjadinya G30S saat itu merupakan pusat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia. Saat ini di tempat tersebut berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.


14. MONUMEN TEKAD MERDEKA / PERJUANGAN SENEN & MONUMEN KESETIAKAWANAN NASIONAL
Monumen Tekad Merdeka / Perjuangan Senen ini terletak dekat pintu masuk Stasiun Senen. Dibangun untuk mengenang berbagai peristiwa yang pernah terjadi di daerah Senen dan sekitarnya. Senen dan sekitarnya adalah daerah yang pernah menjadi lokasi pertempuran pejuang-pejuang Indonesia selama perjuangan fisik Jakarta, terutama setelah kapal-kapal perang Sekutu mendarat di Teluk Jakarta (29 September 1945).
Monumen Perjuangan Senen melukiskan perjuangan massa revolusi fisik dengan mendapatkan dukungan dari segenap unsur masyarakat seperti rakyat, para pemuda dan pemudi, serta anak-anak. Para pemudi berada di garis belakang, dapur umum dan palang merah.
Patung Monumen Perjuangan Senen bergaya realistis dengan teknik pembuatan beton cor bubut batu semen yang didatangkan dari daerah Sleman Jawa Tengah. Ukuran patung orang dewasa setinggi dua meter dan anak-anak satu meter. Pematung terdiri dari tiga orang yaitu Sadiman, Suhartono dan Haryang Iskandar, dibantu oleh pelukis Suyono Palal. Pembuatan patung dilakukan di Sanggar Pucuk Citra dan diresmikan oleh Walikota Jakarta Pusat A. Munir pada tanggal 2 Mei 1982.

Monumen Kesetiakawanan Nasional terletak tidak jauh dari Monumen Senen, tepatnya didekat perempatan Jl. Kramat Bunder - Jl. Stasiun Senen dan Jl. Melati. Berupa patung sekumpulan orang dari berbagai profesi, seperti seorang pahlawan yang membawa bambu runcing, orang yang mengibarkan bendera merah putih, paktani, ibu-ibu dan anak-anak yang saling membantu, makanya disebut Kesetiakawanan Nasional. Dan tepat di bagian belakang patung tersebut terdapat ukiran batu panjang membentuk setengah lingkaran yang bercerita tentang kisah perjuangan nasional dan keberagaman bangsa kita.

15. PATUNG DADA MOH. HOESNI THAMRIN
Patung dada ‘Pahlawan Betawi’ ini berlokasi di Taman Monas, Jakarta Pusat, seperti yang terlihat pada gambar, berlatar belakang Monumen Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar